Selasa, 23 Oktober 2012

Wilayah Pulau Lombok

          Pulau Lombok merupakan salah satu pulau yang berada di Indonesia. Pulau Lombok adalah salah satu dari gugusan kepulauan Nusantara yang terletak di sebelah timur Pulau Bali dan sebelah barat Pulau Sumbawa. Di sebelah utara berbatasan dengan Laut Jawa dan Samudara Hindia di sebelah selatan. Pulau ini kurang lebih berbentuk bulat semacam “ekor” di sisi barat daya yang panjangnya sekitar 70 km. Luas pulau ini mencapai 5.435 km².  Di pulau ini terdapat empat kabupaten yakni, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Tengah, dan Kabupaten Lombok Timur, kabupaten Lombok Utara dan satu Kotamadya yaitu; Kotamadya Mataram. Kota Mataram merupakan ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat. Di pulau Lombok ini terdapat berbagai macam suku, agama, budaya dan adat istiadat. Sebagian besar penduduk pulau ini didiami oleh suku sasak yang merupakan penduduk asli dan beberapa penduduk imigran seperti Suku bugis, Bali, Jawa, Sumbawa, Arab, dan Cina. Lapangan pekerjaan utama masyarakat Lombok adalah petani, nelayan, kerajinan tangan, pertukangan, dan jual-beli.
          Pulau Lombok merupakan salah satu pulau terindah yang menawarkan beragam pesona keindahan alam yang masih alami. Perpaduan yang unik antara kebudayaan Islam dan Hindu. Di pulau ini terdapat Gunung Rinjani yang merupakan daerah tujuan para wisatawan khususnya para pendaki. Gunung Rinjani  merupakan gunung tertinggi ke dua di Indonesia yang di jadikan sebagai salah satu Taman Nasional karena keindahan Gunung Rinjani yang tampak anggun dan mempesona. Keindahan pulau ini dapat dilihat dari banyaknya objek wisata yang menjadi tujuan utama berlibur  seperti senggigi, gili (Air, Meno, dan Trawangan) dengan pesona keindahan alamnya serta beberapa objek lain yang tak kalah menarik lainnya.
Pulau Lombok ini juga menyimpan keindahan taman laut yang luar biasa yang menawarkan hamparan terumbu karang yang indah dan unik di tumbuhi dengan berbagai tumbuhan laut yang mempesona serta warna-warni ikan hias yang akan menambah semangat untuk bermain di dalam laut.
          Di pulau ini terdapat beberapa tempat wisata yang merupakan peninggalan kerajaan Lombok seperti, Pura Lingsar, Pura Meru, Taman Narmada dan masih banyak lagi. Objek-objek wisata tersebut selalu ramai dikunjungi baik wisatawan local, domestic dan mancanegara. Belakangan ini muncul sebuah istilah dari para wisatawan dengan sebutan “The Sleeping Bauty” untuk pulau Lombok yang eksotis ini. Yang menggambarkan pulau ini sebagai sosok seorang putri yang sedang tertidur karena keindahan pulau Lombok yang tampak mempesona ini. Apabila anda ingin membuktikan keindahan pulau ini, kami akan menunggu anda untuk membangunkan sang putri dengan mengunjungi beberapa keindahan wisata alamnya.

                   

                           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar